TELAH DIBUKA dan siap DILAYANI! »
Penerimaan Murid Baru Tahun Ajaran 2009-2010 Gelombang I : 22 Desember 2008 s.d 22 Januari 2009 Hub. Panitia PMB (cp. ibu Nanik Handayani) Tlp. 021-7980523, E-mail:sdit_insanmandiri@yahoo.com
Daftarkan segera buah hati anda, TEMPAT TERBATAS

Kamis, 27 November 2008

Manajemen Mutu Terpadu SDIT Insan Mandiri

oleh Heni Lestari, S.Pd, M.Si (Kepala SDIT Insan Mandiri)

Abad 21 adalah era mutu. Bagi SDIT Insan Mandiri, mutu menjadi hal yang sangat penting dalam berbagai bidang termasuk pendidikan. Pendidikan bermutu menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam pemyiapan sumber daya manusia (SDM) yang handal. Di tengah kompetisi yang sangat ketat seperti sekarang ini dan kecenderungan ke depan, eksistensi sebuah sekolah sangat ditentukan oleh kualitas sekolah. Sekolah bermutu berpeluang lebih besar untuk terus eksis sedangkan sekolah tidak bermutu lama–kelamaan akan tutup atau ’ di-regroup’, ditutup dan muridnya digabungkan ke sekolah yang lain.

Dalam mencapai mutu suatu institusi dikenal adanya Total Quality Management atau Manajemen Mutu Terpadu. Aspek penting dalam manajemen mutu terpadu adalah perbaikan atau peningkatan secara terus–menerus. Jepang memiliki satu kata untuk menjelaskan pendekatan perbaikan secara terus menerus ini dengan istilah ’ kaizen’ yang diterjemahkan secara bebas dengan perbaikan sedikit demi sedikit (step by step improvement ).Untuk dapat melakukan peningkatan secara terus menerus perlu dilakukan analisis kondisi saat sekolah saat ini (what is) terhadap semua aspek yang ingin ditingkatkan. Kemudian dilakukan proyeksi keadaan masa depan seperti apa yang diinginkan (what should be). Dari analisis akan diketahui kesamaan dan kesenjangan (gap) antara kondisi sekarang dengan kondisi yang diinginkan. Jika kondisi sekarang sudah sebagaimana yang diinginkan tinggal dilakukan pemantapan sedangkan jika masih terdapat kesenjangan perlu dilakukan peningkatan.Sebagai dasar untuk menentukan kondisi yang diinginkan (what should be) adalah standar–standar yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai penanggungjawab atas mutu sekolah secara nasional ataupun berdasar atas standar khusus yang dibuat oleh yayasan dengan mempertimbangkan kebutuhan pelanggan sehingga peningkatan mutu berjalan ke arah pemenuhan pencapaian standar maupun kepuasan pelanggan.

Ranah peningkatan mutu pendidikan yang akan dilakukan mencakup keseluruhan hal yang terkait langsung dengan komponen–komponen penting yang berkaitan erat dengan mutu sekolah yaitu : struktur dan isi kurikulum, kebijakan kelembagaan, kualifikasi guru dan karyawan, iklim dan kultur akademik, standarisasi proses dan mutu, dukungan komunitas atau masyarakat, jaminan pembiayaan dan dukungan institusional.SDIT Insan Mandiri merupakan sekolah masa kini yang memiliki perhatian terhadap peningkatan mutu. Manajemen Mutu Terpadu yang diterapkan SDIT Insan Mandiri mempersiapkan sekolah menjadi pelopor sekolah masa depan. Sekolah yang mencetak pemimpin-pemimpin masa depan yang memiliki karakter Islami dan mengarahkan bangsa ini menjadi bangsa yang maju. Semoga!

Tidak ada komentar:

Konsep Pendidikan SDIT Insan Mandiri

Masalah pendidikan merupakan satu dari mata rantai penting yang perlu mendapat perhatian semua pihak. Demikian krusialnya persoalan pendidikan kita sehingga perlu dilakukan terobosan-terobosan dalam mengelola pendidikan bermutu di tanah air. Yayasan Rachmatan Lil Alamin yang selama ini mengalokasikan sebagian pemberdayaannya untuk pendidikan bermaksud membuat suatu model pendidikan yang bermutu. Tentu ini merupakan suatu pekerjaan yang tidak sederhana, namun demikian dengan dukungan banyak pihak dan semangat reformasi pendidikan ke arah yang berdaya guna dan berhasil guna, kita berharap visi ini akan menjadi kenyataan.

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Mandiri Jakarta sebagai realisasi dari Yayasan Rachmatan Lil ’Alamin dalam bidang pendidikan telah disiapkan menjadi sekolah unggulan. Konsep pembaruan pendidikan ini dimaksudkan untuk membuat otonomi sekolah dan mendasari manajemen berbasis sekolah maka konsep ini memungkinkan pengelolaan sekolah yang lebih baik dan menghasilkan mutu lulusan lebih mandiri.

SDIT Insan Mandiri Jakarta didesain dengan program pengajaran yang berusaha menjawab kebutuhan masyarakat dalam kemasan pendidikan. Pembentukan karakter peserta didik merupakan dasar untuk mengembangkan manusia bermutu di sekolah ini. Potensi akademik yang diperkaya dengan kurikulum lokal berupa Bahasa Arab dan Tahfidz diharapkan memperkaya peserta didik tidak hanya dapat memiliki kecerdasan Intelegencia, namun juga Emotional dan Spiritual.SDIT Insan Mandiri Jakarta merupakan sekolah yang didesain dengan program pembelajaran berbasis Active Learning, Multiple Intelegences System.

Pembentukan karakter mendapat perhatian khusus untuk mengembangkan kepribadian bermutu di sekolah ini. Kurikulum muatan lokal memperkaya wawasan peserta didik, sehingga mereka tidak hanya memiliki Kecerdasan Intelegensi, namun juga Kecerdasan Emosional dan Spiritual.