TELAH DIBUKA dan siap DILAYANI! »
Penerimaan Murid Baru Tahun Ajaran 2009-2010 Gelombang I : 22 Desember 2008 s.d 22 Januari 2009 Hub. Panitia PMB (cp. ibu Nanik Handayani) Tlp. 021-7980523, E-mail:sdit_insanmandiri@yahoo.com
Daftarkan segera buah hati anda, TEMPAT TERBATAS

Rabu, 03 Desember 2008

Tata Tertib Siswa

Bismillahirrahmanirrahim

BAB I
Kegiatan Murid Dalam Rangka Ketahanan Sekolah

Pasal 1
Alur Sebelum Belajar
1.Hadir di sekolah sebelum pukul 07.00 WIB
2.Bersalaman dengan bapak/ibu guru dan teman
3.Meletakkan sepatu di rak yang telah ditentukan
4.Bel berbunyi, ikut briefing dan membaca ikrar di halaman sekolah/ di depan kelas

Bismillahirrahmanirrahim
Asy hadu Alla ilaha illallah, wa asyhadu anna muhammadarrasulullah
“Saya bersaksi tiada Tuhan selain Allah, dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad itu utusan Allah.”
Ashbahna wa ashbahal mulku lillahi, walhamdulillahi, laa syarikalah, laa ilaha illa huwa wa ilaihin nusyur
Allahu ghaayatuna, arrasul qudwatuna, al qur’an dusturuna, aljihad sabiluna, almautu fisabilillahi asma amanina
5.Mengikuti kegiatan stretching, diawali yel-yel murid & kelas
Yel-Yel Kelas
SD 1 A : Cerdas, Ceria, Mandiri, Yes, Allahu Akbar
SD 1 B : Rajin Sholat, Rajin Ngaji, Allahu Akbar
Kelas kita istimewa wa…wa…wa…wa…wa
6.Menuju kelas, periksa kuku, rambut, gigi, seragam dan kebersihan serta kerapihan lainnya.
7.Berdo’a bersama di dalam ruangan, murid mengangkat kedua tangan.
Audzubillahiminassyaitanirrajim
Q.S Al Fatihah
Radhitubillahi rabba, wabil islamidina, wabimuhammadinnabiyyawwarasula
Rabbi zidni ilmaan, warzugni fahmaan
Rabbisyrohli shodri, wayassirli amri, wahlul uqdatammillisani, yafqohu qouli
8. Mengikuti kegiatan morning talk bersama guru/pembina
9. Mempersiapkan buku & perlengkapan belajar yang diperlukan sesuai tema pelajaran
10. Keluar masuk ruangan setelah mendapat izin guru dan mengucapkan salam.

Pasal 2
Pakaian Seragam

1. Senin : Putih – merah, dasi & badge
2. Selasa : Orange – kotak & dasi (putra)
3. Rabu : Kemeja bebas dan pakaian muslimah bebas
4. Kamis : Pramuka Coklat/Life Skill
5. Jum’at : Bebas (muslim/muslimah), Koko & peci (putra)
Catatan :
Untuk kegiatan outdoor adventure mengenakan pakaian coklat/Life Skill dan topi
Kaos olahraga dikenakan pada saat pelajaran PJKS
Setiap hari memakai kaos kaki & sepatu, dasi (khusus anak putra).

Pasal 3
5 K & Pendukungnya

Melaksanakan dan memelihara 5 K yaitu :
1.Keamanan
2.Kebersihan
3.Ketertiban
4.Keindahan
5.Kekeluargaan

Pendukungnya :
-Membuang sampah pada tempatnya
-Duduk ketika makan dan minum
-Berbicara sopan, baik & ramah
-Diperkenankan jajan, berjualan dan dianjurkan membawa uang infaq pada hari Jum’at

Pasal 4
Sholat Dzuhur Berjama’ah & Sholat Dhuha

1. Berbaris menuju tempat wudhu dan masjid/tempat sholat masing-masing.
2. Berdo’a saat masuk masjid
3. Melaksanakan sholat sunnah
4. Iqamah secara bergantian (sesuai jadwal)
5. Shalat Dzuhur berjama’ah dengan khusyu dan tumakninah sesuai rukunnya. Petugas menjadi imam secara bergantian. (terjadwal)
6. Mengikuti dzikir dan do’a bersama
7. Mendengarkan pengarahan singkat dari guru/petugas/pembina/petugas kultum
8. Kembali menuju kelas dengan tertib
9. Bersalaman dengan Bapak/Ibu guru
10. Sholat Dhuha dilaksanakan pada waktu pelajaran Tahfidz & Al Qur’an

Pasal 5
Kegiatan Belajar & Mengajar (KBM) dan Ekstrakurikuler

1.Waktu belajar efektif dari pukul 07.00 – 14.00 wib
2.Mengikuti KBM dengan aktif, terampil dan mandiri
3.Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sesuai jadual seperti; outdoor, renang, education fieldtrip, futsal, taekwondo, panahan dll.
4.Membawa Al Qur’an, mutabaah serta buku penghubung orang tua & guru setiap hari
5.Buku tulis & pelajaran disimpan di sekolah
6.Mengerjakan tugas akhir pekan (WWP : Working With Parent)

Pasal 6
Administrasi

1.Melunasi seluruh biaya bulanan termasuk jemputan dan catering sebelum tanggal 10 pada bulan tersebut.



BAB II
SANKSI - SANKSI

Pelanggaran atas tata tertib dikenakan sanksi sebagai berikut :
1.Komunikasi dialogis (oleh sesame teman, guru piket)
2.Tausiyah lisan (oleh wali kelas/guru kelas)
3.Kesepakatan antara murid & guru (oleh wali kelas/guru BP)
4.Panggilan terhadap orang tua murid/wali (oleh Guru Bp/Kepala Sekolah)
5.Dikembalikan kepada orang tua/wali murid (oleh Kepala Sekolah/Direktur Pendiidikan)


BAB III

PENUTUP

Tata tertib yang belum tercantum akan diatur kemudian, sesuai kebutuhan
Semoga tata tertib ini dapat diindahkan, berjalan dengan baik, sebagai usaha untuk menciptakan sekolah idaman yang efektif & bermutu serta murid yang disiplin, berprestasi dan berakhlaq mulia.
Mudah-mudahan Allah swt senantiasa memberi rahmat, taufik dan hidayahNya, amin.

Tidak ada komentar:

Konsep Pendidikan SDIT Insan Mandiri

Masalah pendidikan merupakan satu dari mata rantai penting yang perlu mendapat perhatian semua pihak. Demikian krusialnya persoalan pendidikan kita sehingga perlu dilakukan terobosan-terobosan dalam mengelola pendidikan bermutu di tanah air. Yayasan Rachmatan Lil Alamin yang selama ini mengalokasikan sebagian pemberdayaannya untuk pendidikan bermaksud membuat suatu model pendidikan yang bermutu. Tentu ini merupakan suatu pekerjaan yang tidak sederhana, namun demikian dengan dukungan banyak pihak dan semangat reformasi pendidikan ke arah yang berdaya guna dan berhasil guna, kita berharap visi ini akan menjadi kenyataan.

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Mandiri Jakarta sebagai realisasi dari Yayasan Rachmatan Lil ’Alamin dalam bidang pendidikan telah disiapkan menjadi sekolah unggulan. Konsep pembaruan pendidikan ini dimaksudkan untuk membuat otonomi sekolah dan mendasari manajemen berbasis sekolah maka konsep ini memungkinkan pengelolaan sekolah yang lebih baik dan menghasilkan mutu lulusan lebih mandiri.

SDIT Insan Mandiri Jakarta didesain dengan program pengajaran yang berusaha menjawab kebutuhan masyarakat dalam kemasan pendidikan. Pembentukan karakter peserta didik merupakan dasar untuk mengembangkan manusia bermutu di sekolah ini. Potensi akademik yang diperkaya dengan kurikulum lokal berupa Bahasa Arab dan Tahfidz diharapkan memperkaya peserta didik tidak hanya dapat memiliki kecerdasan Intelegencia, namun juga Emotional dan Spiritual.SDIT Insan Mandiri Jakarta merupakan sekolah yang didesain dengan program pembelajaran berbasis Active Learning, Multiple Intelegences System.

Pembentukan karakter mendapat perhatian khusus untuk mengembangkan kepribadian bermutu di sekolah ini. Kurikulum muatan lokal memperkaya wawasan peserta didik, sehingga mereka tidak hanya memiliki Kecerdasan Intelegensi, namun juga Kecerdasan Emosional dan Spiritual.